Tentang

KECILTEATER KALANGAN merupakan kelompok nirlaba yang bergerak dalam bidang seni pertunjukan. Awalnya bernama Teater Tebu Tuh yang dibentuk pada 14 April 2013 oleh alumni berbagai kelompok teater kampus yang ada di Undiksha Singaraja-Bali. Pada periode ini, terbuka segala macam bentuk kesenian seperti Teater, Musikalisasi Puisi, Film, dan Sastra. Namun, sejak tahun 2016, memfokuskan diri dalam pertunjukan teater sehingga berganti nama menjadi Teater Kalangan.

Nama “Kalangan” dipilih berasal dari bahasa Bali yang berarti tempat berkumpul.  Didasarkan pada proses kreatif Teater Kalangan sendiri yang cenderung menekankan eksplorasi terhadap ruang-ruang alternatif sebagai objek pertunjukan. Para anggota berkumpul, diskusi, dan merespon ruang, mulai dari benda, tempat, bangunan, waktu, suasana, sampai wilayah sosiokultural masyarakat. Aktor dalam hal ini menjadi titik pertemuan yang menghubungkan sutradara, ruang, teks, dan penonton itu sendiri. Tak ada gaya spesifik yang diusung (tradisi, realis, surealis, absurd, atau apapun). Yang ada hanyalah kemungkinan-kemungkinan yang sekiranya perlu diwujudkan dalam bentuk pertunjukan teater. Selanjutnya, hanya mampu berserah pada interpretasi penonton sendiri.

Saat ini, keanggotaan Teater Kalangan tidak hanya terdiri dari alumni Undiksha dan daerah Singaraja saja, melainkan membuka ruang seluas-luasnya pada  kawan-kawan Bali maupun luar Bali. Beberapa anggotanya yang tercatat yakni Santiasa Putu Putra, I Wayan Sumahardika, Gede Gita Wiastra, Wulan Dewi Saraswati, Wisnu Negara, Ketut Manik Sukadana, Agus Wiratama, Kadek Julio Saputra, A.A Ngurah Anggara Surya dan Ida Ayu Putu Bulan Wijayanti.

 

Email: Sumahardika@gmail.com
Website: teaterkalangan.wordpress.com atau i-wayan-sumahardika.blogspot.co.id
FB: facebook.com/teater.kalangan |Instagram: @teaterkalangan |Youtube: Teater Kalangan |Twitter: @Teater_Kalangan
Sekretariat : Jl. A. Yani no. 111 A, Banyuasri, Singaraja, Buleleng, Bali

 

 

 

Iklan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑